Informasi Lengkap Universitas Dan Perguruan Tinggi
Universitas Pertahanan Buka Fakultas MIPA, Lulusan Langsung Jadi Prajurit TNI

Universitas Pertahanan Buka Fakultas MIPA, Lulusan Langsung Jadi Prajurit TNI

admin
admin
May 28, 2020

IPB University bekerjasama dengan Universitas Pertahanan atau UNHAN dalam rangka pembukaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di UNHAN.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dengan Rektor Unhan Laksda TNI Amarula Octavian pada pekan lalu.

“Ini adalah upaya yang konstruktif untuk kita untuk dapat terus meningkatkan kolaborasi antara perguruan tinggi di Indonesia berhubung era saat ini adalah era kolaborasi,” jelas Prof Arif.

Rektor UNHAN Laksda TNI Amarula mengatakan bahwa kerjasama ini sangat dibutuhkan oleh UNHAN karena adanya kebutuhan dalam membuka FMIPA Militer.

Dijelaskan bahwa pembukaan fakultas baru ini terkait dengan kebutuhan dari instansi pemerintah yang terkait militer yaitu Kementerian Pertahanan dan TNI akan lulusan MIPA.

Universitas Pertahanan Buka Fakultas MIPA, Lulusan Langsung Jadi Prajurit TNI

“Pembukaan fakultas baru ini didalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pada Kemenhan dan TNI. Nantinya lulusan dari masing-masing studi akan bekerja secara penuh di Kementerian Pertahanan dan TNI dengan status sebagai prajurit TNI,” jelas Amarula.

Fakultas ini nantinya akan memiliki empat program studi yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Amarula menjelaskan bahwa Fakultas MIPA ini nantinya akan memiliki materi sekitar 20 persen yang mengacu pada kebutuhan militer seperti matematika militer yang digunakan untuk menghitung secepatan sebuah rudah, ramuan kimia untuk serbuk mesiu dan lainnya.

“Materi inilah yang nantinya akan termuat didalam FMIPA Militer. Kami sangat mengharapkan kerjasama ini dapat segera dimulai karena pembukaan fakultas akan dilakukan pada Agustus mendatang,” jelas Amarula.

“Universitas Pertahanan membuka program beasiswa sarjana (S1) untuk Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas MIPA Militer, Fakultas Farmasi Militer dan Fakultas Teknik Militer,” tulis laman sosial Universitas Pertahanan.

UNHAN secara akademik dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi namun secara fungsional berada di bawah Kementerian Pertahanan karena sebagian besar lulusan dari universitas ini akan diserap oleh Kementerian Pertahanan dan TNI.

Didalam proses penyelenggaraan pendidikan, UNHAN memberikan beasiswa untuk mahasiswa berupa bebas biaya kuliah, tempat tinggal sementara berupa asrama dan pemenuhan kebutuhan hidup.

admin
Jurusan