Informasi Lengkap Universitas Dan Perguruan Tinggi

Program Sarjana Terapan ITS Ramai Peminat, Ini 3 Program Studi Terfavorit

admin
admin
June 13, 2020

Sejak pendaftaran jalur prestasi dibuka pada 11 Mei 2020 lalu, program studi Sarjana Terapan Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh November ramai diserbu oleh peminat.

Peminat program ini naik lebih dari empat kali lipat dibandingkan tahun 2019 yang hanya sekitar 321 peserta.

Sebanyak 1.470 lulusan SMA/SMK sederajat tercatat telah mendaftar pada delapan program studi sarjana terapan ITS.

Dekan fakultas Vokasi ITS, Prof Ir Muhammad Sigit Darmawan menjelaskan bahwa peningkatan jumlah pendaftar pada tahun ini didorong oleh perubahan persepsi dan pola pikir masyarakat dengan program pendidikan vokasi.

“Selain itu, berbagai pencapaian yang dicapai oleh Fakultas Vokasi ITS juga berperan dalam meningkatkan kepercayaan dari para calon mahasiswa,” kata Guru Besar bidang Keteknikan Sipil ITS tersebut.

Program studi vokasi ITS yang paling banyak peminat pada jalur prestasi adalah Prodi Statistika Bisnis, Prodi Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil serta Prodi Teknologi Rekayasa Kimia Industri.

Program Sarjana Terapan ITS Ramai Peminat, Ini 3 Program Studi Terfavorit

Untuk peserta yang belum mendaftar atau tidak lolos jalur prestasi yang pendaftarannya telah ditutup pada 29 Mei 2020 dapat mendaftar melalui jalur reguler dan jalur mandiri yang akan dibuka pada 20 Juli yang akan datang.

Kuota mahasiswa yang akan diterima pada program sarjana terapan pada jalur reguler dan mandiri adalah masing-masing sebanyak 336 dan 252 mahasiswa.

Pendidikan tinggi berbasis pada vokasi yang diselenggarakan oleh ITS, lanjut Sigit juga memiliki porsi pembelajaraan teori sebanyak 40 persen dan praktek sebanyak 60 persen.

Dengan poris seperti ini, diharapkan lulusan dari SMK tidak ragu untu melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Sama halnya dengan jalur prestasi, Sigit menjelaskan bahwa proses pendaftaran dan seleksi jalur reguler dan mandiri akan dilaksanakan secara online dengan mempertimbangkan kondisi saat ini yang berada di tengah kekhawatiran penyebaran COVID-19.

“Semoga semua proses nya berjalan dengan lancar, siswa lulusa SMA/SMK sederajat yang memiliki minat pada pendidikan vokasi dapat juga terakomodasi,” jelasnya.

Pada keterangan resmi tertulisnya, ITS menyatakan bahwa institut membuka peluang lebih banyak bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK untuk dapat melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi.

ITS untuk mengakomodir hal tersebut telah menambah jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru pada tiga program studi sarjana terapan yaitu Prodi Statistika Bisnis, Teknologi Rekayasa Otomasi dan Rekayasa Instrumentasi.

Ketiga prodi ini pada tahun 2020 akan meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru sebanyak 45 persen lebih banyak dibandingkan tahun lalu yaitu sebanyak 140 mahasiswa untuk setiap program.

admin
Program