Informasi Lengkap Universitas Dan Perguruan Tinggi

Startup Algoritma Berikan Beasiswa Hingga Rp 8 Miliar Untuk Bantu Talenta Indonesia

admin
admin
August 1, 2020

Pandemi COVID-19 ini telah mengubah banyak sekali aspek kehidupan masyarakat, termasuk untuk para pelajar. Karena harus menghindari kontak fisik dan kerumunan orang, para pelajar Indonesia harus menjalani pendidikan secara online. Lembaga pendidikan pun diwajibkan untuk beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar melalui internet.

Strategi ini juga yang dilakukan oleh Algoritma Data Science School yang menjadi pelopor didalam pendidikan data science di Indonesia. Pada Mei lalu, Algoritma mengadakan batch pertama pembelajaran data science dengan platform video conference. Platform ini digunakan untuk para murid tidak kehilangan pengalaman belajar interakhir dengan Instruktur dan Teaching Assistant walaupun harus dipisahkan oleh jarak.

Pelajar yang lulus dari program Algoritma dengan minimal nilai 85 juga memperoleh dukungan karir berupa penempatan kerja di jaringan perusahaan yang bekerjasama dengan Algoritma. Algoritma sendiri hingga saat ini telah mencetak lebih dari 500 data scientist yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan.

Startup Algoritma Berikan Beasiswa Hingga Rp 8 Miliar Untuk Bantu Talenta Indonesia

Didalam rangka hari ulang tahun ketiga yang jatuh pada Juli lalu, Algoritma Data Science School juga meluncurkan program menarik yaitu Algoritma Data Science Scholarship. Dengan program ini, Algoritma menyediakan beasiswa dengan nilai total mencapai Rp 8 miliar untuk pelajar di Indonesia yang mengikuti pelatihan online Algoritma.

Terdapat dua jenis beasiswa yang ditawarkan yaitu beasiswa penuh dan beasiswa sebagian. Beasiswa penuh ini akan diberikan untuk 160 pengaju sementara beasiswa sebagian ini akan diberikan untuk 480 pengaju. Jadi total beasiswa yang disediakan oleh Algoritma adalah 640 beasiswa yang distribusikanya akndilakukan dalam waktu 4 tahun.

Pada program beasiswa penuh, pengaju yang lolos tahapan seleksi hanya diwajibkan untuk membayar biaya komitmen sebesar Rp 1 juta. Biaya komitmen ini sendiri akan dikembalikan jika peserta telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dengan nilai miniumum 70 dan tidak abstain lebih dari 3 kali.

Untuk program beasiswa sebagian, penerima beasiswa masih akan membayarkan sebagian biaya selama proses pembelajaran di Algoritma. Kriteria dari penerima beasisa ini adalah mereka yang memiliki latar belakang keuangan yang kurang mampu tetapi memiliki kemauan belajar yang tinggi.

Program beasiswa yang diberikan adalah program belajar data science selama 4 bulan. Didalam program ini, peserta akan mempelajari bahasa pemograman R, Python dan SQL untuk keperluan analisis data. Peserta yang ingin mendaftar program beasiswa ini tidak diwajibkan memiliki latar belakang pendidikan tertentu karena kurikulum yang akan dipelajari ini telah disusun supaya dapat mengakomodasi peserta dari latar belakang pendidikan apapun.

Pada tanggal 5 Agustus 2020 pendaftaran untuk program Algoritma Data Science Scholarship ini akan dibuka. Didalam seleksi gelombang pertama akan ada 40 beasiswa penuh dan 120 beasiswa sebagian yang dibuka oleh Algoritma. Pendaftaran gelombang pertama ini akan ditutup pada 30 September 2020 dan penerima beasiswa akan diumumkan pada 22 Oktober 2020.

Program Algoritma Data Science Scholarship ini dibuka untuk semua Warga Negara Indonesia yang saat ini belum bekerja dan saat ini duduk di bangku kuliah. Informasi lebih lanjut dari program ini dapat langusng dilihat di situs resmi dari Algoritma Data Science School.

admin
Beasiswa