Informasi Lengkap Universitas Dan Perguruan Tinggi

UMP Terus Meningkatkan Akreditas Program Studi

admin
admin
January 10, 2020

Universitas Muhammadiyah Purowkerto (UMP) terus berupaya untuk meningkatkan akreditas program studi ataupun fakultas. Yang paling baru, program studi Diploma Empat Teknologi Laboratorium Medik pada Fakultas Ilmu Kesehatan UMP yang berhasil memperoleh akreditas B.

Dekan Fikes, Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si mengatakan bahwa capaian akreditas B ini tidaklah lepas dari kerja keras dari dosen serta mahasiswa yang terus mengukir prestasi akademik baik pada level daerah ataupun nasional.

“Sehingga pada awal tahun ini, Program Studi Diploma Empat Teknologi Laboratorium Medik dapat memperoleh akreditas B dari Lembaga Akreditas Mandiri Pendidikan TInggi Kesehatan Indonesia,” jelas Ikhsan.

UMP Terus Meningkatkan Akreditas Program Studi

Menurutnya, program ini baru dibuka empat tahun lalu yaitu pada tahun 2016 dan sekarang telah memperoleh akreditas B dengan nilai 315 dan masuk dalam peringkat baik atau B.

Lebih lanjut, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Aset UMP menjelaskan bahwa Prodi Teknologi Laboratorium Medik adalah prodi yang masih jarang dijumpai di Indonesia. Untuk UMP, program studi ini telah menerapkan penggunaan teknologi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang disiapkan khusus sesuai dengan perkembangan jaman seperti menghadapi revolusi industri 4.0 yang tengah terjadi.

Atas diperolehnya keberhasilan ini, Ikhsan menjelaskan bahwa pihaknya mengharapkan bahwa prestasi ini akan menjadi cambuk untuk para dosen pengajar agar dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Prestasi tersebut akan terus ditingkatkan untuk mencapai target akreditas yang lebih tinggi.

“Kita boleh berbangga, akan tetapi usaha tidak berhenti hingga saat ini. Tetapi juga berusaha untuk meningkatkan kualitas serta menghasilkan karya yang luar biasa,” jelasnya.

Beberapa fakultas tersedia di UMP antara lain adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Sastra dan Fakultas Farmasi.

Sementara itu untuk program ada program Ilmu Kesehatan dan Kedokteran. UMP juga memiliki program pasca sarjana antara lain Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan Dasar, Pendidikan IPS, Farmasi dan Pendidikan Agama Islam.

“Untuk program profesi, UMP memiliki program apoteker, ners, dokter, kebidanan dan guru,” jelasnya.

admin
Program